Mantan Co Founder Whatsapp Invest Ke Signal Untuk Tingkatkan Enkripsi End-To-End

0
87
investasi founder whatsapp

Pada hari Rabu, founder Signal mengumumkan peluncuran Signal Foundation, yang akan membangun dan memelihara Sinyal dan aplikasi yang berpotensi untuk privasi lainnya yang akan datang juga. Pendiri WhatsApp Brian Acton juga bergabung sebagai ketua eksekutif yayasan tersebut, peran barunya yang pertama sejak meninggalkan WhatsApp musim gugur yang lalu. Dan Acton tidak hanya mencurahkan tahap berikutnya dari karir pasca-WhatsApp-nya ke Signal, tapi juga potongan berukuran milyaran WhatsApp-nya: Dia secara pribadi menyuntikkan $ 50 juta ke dalam proyek tersebut.

“Rencana kami adalah merintis model baru teknologi nirlaba yang berfokus pada perlindungan privasi dan data untuk semua orang, di mana saja,” tulis Acton dalam sebuah posting blog yang mengumumkan perpindahan tersebut bersama Moxie Marlinspike, programmer sipir yang pertama kali menciptakan Sinyal dan mendirikan Open Whisper System , organisasi nirlaba yang telah menjalankan Sinyal sampai sekarang. “Moxie dan timnya telah membangun sesuatu yang sangat istimewa di Messenger Sinyal dan saya sangat senang bisa bergabung dalam usaha mereka untuk memberikan pengalaman komunikasi paling tepercaya di planet ini.”

Dalam sebuah email ke WIRED, Acton menulis bahwa sejak meninggalkan perusahaan induk Facebook WhatsApp pada September lalu, dia sekarang bebas untuk mengejar cita-citanya yang telah lama dipegang: pengembangan open source yang transparan dan tanpa kompromi. “Saya sekarang berada di tempat di mana saya dapat mencurahkan sejumlah besar waktu dan sumber daya untuk memajukan teknologi di bidang ini,” tulis Acton. “Ini lebih penting bagi saya bahwa kita berfokus pada cita-cita inti ini daripada pergi dan mengejar mode teknologi yang tidak akan bertahan di masa depan.

Acton telah mengenal Marlinspike sejak tahun 2013, ketika yang terakhir pertama kali mengajukan gagasan untuk Acton mengintegrasikan enkripsi end-to-end Signal ke WhatsApp, dimulai dengan ratusan penggunanya pengguna Android. Enkripsi sinyal akan membawa tingkat privasi baru untuk percakapan WhatsApp, sehingga tidak ada orang, bukan hacker di jaringan, tidak menguping polisi, bahkan WhatsApp sendiri tidak dapat mendekripsi pesan dan panggilan telepon pengguna. Marlinspike telah bertemu dengan seorang insinyur WhatsApp secara kebetulan saat reuni keluarga pacarnya, dan menggunakan koneksi tersebut untuk menyelesaikan sebuah pertemuan dengan Acton, yang langsung mengambil ide tersebut. “Ini mendidih sampai masalah prinsip,” Acton mengatakan kepada WIRED pada tahun 2016. “Jika dua orang menginginkan percakapan pribadi, elektronik atau tidak, mereka harus diijinkan memilikinya.”

Di luar sekadar mendanai Yayasan Sinyal, Acton mengatakan bahwa dia berharap manajemen dan pengalaman memulainya akan bermanfaat bagi Sinyal juga: Selain membangun WhatsApp dari nol ke raksasa senilai $ 19 miliar dengan salah satu koleksi pengguna terbesar di dunia, dia juga menghabiskan lebih banyak dari satu dekade di Yahoo selama periode pertumbuhan masif, setelah bergabung pada tahun 1996 sebagai karyawan ke-44. “Ketika Anda bergabung dengan sekelompok orang yang sekecil Sinyal, Anda memiliki kesempatan unik untuk membantu membangun praktik terbaik baru bagi organisasi yang berkembang yang membangun fondasi yang kuat,” kata Acton.

Comments

comments