Sering Dianggap Radikal, Langkah Inovatif Bill Gates Menjadikannya Orang Terkaya Sedunia

0
92
bill gates beasiswa

“Bill” William Henry Gates
Salah satu pendiri Microsoft Corp (didirikan tahun 1975)

Quote populer :
“Internet Akan Menjadi Pusat Dari Peradaban Global Di Masa Depan.”

Biografi :
Beberapa orang melihatnya sebagai seorang visioner inovatif yang memicu revolusi komputer. Yang lain melihatnya sebagai baron perampok modern yang praktik-praktik predatorinya telah menghambat persaingan dalam industri peranti lunak. Terlepas dari apa yang mungkin dipikirkan pendukung dan pengkritiknya, hanya sedikit yang dapat membantah bahwa Bill Gates adalah salah satu, jika bukan pengusaha paling sukses di abad ke-20. Hanya dalam 25 tahun, ia membangun bisnis dua orang menjadi raksasa bernilai miliaran dolar dan menjadikan dirinya orang terkaya di. Namun ia mencapai prestasi ini bukan dengan menciptakan teknologi baru, tetapi dengan mengambil teknologi yang ada, menyesuaikannya dengan pasar tertentu, dan kemudian mendominasi pasar itu melalui promosi yang inovatif dan kecerdasan bisnis yang cerdik.

Intelijen Bill Gates memungkinkannya untuk dapat melihat semua sisi industri perangkat lunak — pengembangan produk dan strategi perusahaan. Ketika menganalisis setiap langkah perusahaan, ia akan mengembangkan profil dari semua kemungkinan kasus dan menjalankannya, mengajukan pertanyaan tentang apa pun yang mungkin bisa terjadi.

Hal ini membuat para pakar industri menyatakan bahwa sebenarnya ada dua Bill Gates. Salah satunya adalah seorang pecandu komputer yang sempurna yang dapat “meretas kode” dengan yang terbaik dari mereka. Yang lainnya adalah seorang pengusaha yang digerakkan oleh orang-orang yang, tidak seperti kebanyakan superstar lain di Silicon Valley, siap untuk berdagang dan memiliki naluri bawaan untuk pasar. Kombinasi ini memungkinkan Gates untuk melihat apa yang tidak dapat dilakukan oleh kompetitornya.

Bill Gates lahir tahun 1955 dan dibesarkan di sebuah keluarga kelas menengah atas dengan kakak perempuannya, Kristianne, dan adik perempuannya, Libby. Ayah mereka, William H. Gates Sr., adalah seorang pengacara dengan perusahaan yang berjalan baik dan koneksi yang luas. Suasana keluarga Gates terasa hangat dan dekat, dan ketiga anak itu didorong untuk menjadi kompetitif dan berusaha untuk mencapai yang terbaik.

Eksposur pertama Gates ke komputer datang ketika dia menghadiri Lakeside School yang bergengsi di Seattle tahun 1968. Sebuah perusahaan lokal menawarkan penggunaan komputernya ke sekolah melalui tautan Teletype, dan Gates muda menjadi terpesona oleh kemungkinan mesin primitif. Bersama dengan sesama mahasiswa Paul Allen, ia mulai membolos kelas untuk bekerja di ruang komputer sekolah. Pekerjaan mereka akan segera terbayar. Ketika Gates berusia 15 tahun, dia dan Allen pergi berbisnis bersama. Kedua remaja ini menghasilkan $ 20.000 dengan Traf-O-Data, sebuah program yang mereka kembangkan untuk mengukur arus lalu lintas di wilayah Seattle.

 

Duo ini memindahkan perusahaan ke Seattle pada tahun 1979, dan saat itulah Microsoft mencapai masa besar. Ketika Gates mengetahui bahwa IBM mengalami kesulitan mendapatkan sistem operasi untuk PC barunya, ia membeli sistem operasi yang sudah ada dari perusahaan kecil Seattle seharga $ 50.000, mengembangkannya menjadi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), kemudian melisensikannya kepada IBM. Kejeniusan IBM, yang dikuasai oleh Gates, adalah bahwa ketika IBM mendapatkan MS-DOS, Microsoft tetap memiliki hak untuk memberikan lisensi kepada pembuat komputer lainnya.

 

Microsoft memantapkan dominasinya di industri pada pertengahan 1990-an dengan menggabungkan Windows dengan aplikasi lainnya ke dalam “suite” dan membujuk para pembuat komputer terkemuka untuk melakukan pramuat perangkat lunak mereka pada setiap komputer yang mereka jual. Strategi ini bekerja dengan sangat baik sehingga pada tahun 1999 Microsoft memposting penjualan sebesar $ 19,7 miliar, dan kekayaan pribadi Gates telah tumbuh menjadi $ 90 miliar yang fenomenal.

Terlepas dari kesuksesan Microsoft, Bill Gates tidak pernah merasa benar-benar aman. Dia selalu waspada dan memantau persaingan bisnis, Gates mengembangkan motivasi kuat dan semangat kompetitif di Microsoft. Gates mengharapkan semua orang di perusahaannya memiliki dedikasi yang sama.

Selain menjadi salah satu pengusaha terkaya dan paling sukses dalam sejarah dunia, Bill Gates juga telah menerima banyak penghargaan untuk kegiatan filantropi. Majalah Time menyebut Gates salah satu orang paling berpengaruh di abad ke-20. Banyak kegiatan kemanusiaan juga dalam bidang pendidikan seperti memberikan sumbangan pada sekolah dan berbagai beasiswa. Majalah itu juga menyebut Gates dan istrinya Melinda, bersama dengan vokalis band rock U2, Bono, sebagai Orang Tahun 2005.

Gates memiliki beberapa gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia. Ia menjadi gelar kehormatan sebagai Komandan Knight kehormatan Orde Kerajaan Inggris yang dianugerahkan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2005.

Pada tahun 2006, Gates dan istrinya dianugerahi Order of the Aztec Eagle oleh pemerintah Meksiko untuk pekerjaan filantropis mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Pada tahun 2016, Gates dan istrinya Melinda diakui untuk pekerjaan filantropis mereka ketika mereka diberi nama penerima Presidential Medal of Freedom oleh Presiden Barack Obama.

Pada awal 2018, Gates mencapai tahap lain dengan pengumuman bahwa ia akan menjadi bintang tamu dalam episode The Big Bang Theory. Penghargaan bintang tamu dari sitkom ini mencakup Leonard Nimoy dan George Takei dari Star Trek, pengusaha Elon Musk dan ilmuwan Stephen Hawking dan Bill Nye.

Comments

comments